Mengupas Misteri Sekte yang Super Aneh di Dunia !

Lanjut lagi nih teman-teman yang ada di web Christian. Dimana lanjutannya masih membahas mengenai Sekte-Sekte yang super duper aneh dan menyimpan banyak sekali misteri di dalamnya yang harus dipecahkan. Memang di dunia ini sudah banyak sekali memiliki banyak sekte dengan pengikut yang juga begitu banyak sekali. Keberadaan dari sekte di beberapa negara ini dianggap legal. Akan tetapi, ada juga sekta yang sangat berbahaya dan dikecam tegas oleh negara yang ditempati sekte tersebut. Selain adanya sekte, ternyata ada juga lho Kultus. Ada yang tidak mengenal Kultus ? oke di Next Episode pada artikel ini kita akan membahas mengenai Kultus ya teman. 

Hayo jujur, siapa yang langsung mencari kata Kultus di google Pencarian ? wkwkwk daripada kalian penasaran, baiklah disini saya beritahu sedikit gambaran saja dari Kultus ya. Karena, pada topik ini akan membahas Sekte lebih dahulu walaupun Kultus sendiri hampir menyerupai. Jadi Kultus secara mendasar menjadi Pengabdian, Penyembahan, Penghormatan. Yang dimana semuanya dilakukan kepada seseorang atau benda tertentu dengan makna negatif ! tak jarang dari adanya Sekte dan Kultus ini sudah menjadi organisasi untuk menebar banyak sekali teror dan juga ketakutan dengan melakukan berbagai macam : (1) Penyerangan, (2) Pembunuhan, (3) Segala macam Tindak Kriminal lain. 

Walau itu hanya sebagian besar saja ya, nyatanya masih ada nih sekte-sekte yang tidak melakukan tebar teror bagi kehidupan manusia lainnya dan hidupnya ingin damai seperti kebanyakan orang pada umumnya. Kira-kira mana adakah sekte atau justru di dalamnya malah terdapat Kultus ? Markicek, Alias mari kita cek lebih detailnya di bawah ini !

Sekte yang Bernama Peoples Temple – 1955 Hingga 1978

Arti dari nama sekte ini adalah “ Kuil Rakyat “ yang sudah didirikan di kawasan Indiana tahun 19955 oleh Jim Jones. Dan saat itu Organisasi ini banyak sekali menarik minat orang dan langsung saja dikenal sebagai organisasi progresif dengan banyak mengadvokasi hak-hak sipil disana. Tak hanya itu saja, Jim Jones  juga mengoperasikan adanya panti Jompo serta pelayanan kesehatan mental yang memang dirinya memiliki tujuan untuk : Menciptakan Komunitas Utopis Egaliter. 

Tepat di tahun 1965, Jones sendiri memindahkan Pusat Kuil Rakyat ke Lembah Redwood di California sebagai tempat bertahan hidup dari Perang Nuklir. Lalu tahun 1974, mereka semua menyewa tanah di Guyono sebagai tempat kelompok dalam melarikan diri dari sebuah pengawasan Media di Amerika Serikat serta mampu mendirikan adanya komuni pertanian. Sementara itu, Kuil Rakyat dituduh juga menjadi tempat dimana dilakukannya penipuan, penganiayaan fisik terhadap para pengikutnya dan berbagai macam pelecehan anak-anak. 

Tak lama Kejahatan ini juga sudah terdengar langsung di seluruh Negeri. Dan ada juga Ex Anggota tersebut yang memberitahu mengenai kompleks bersenjata dan tempat latihan dalam melakukan bunuh diri. Sampai dengan tahun 1978 silam Jones dan para pengikutnya ini melakukan bunuh diri bersama dengan meminum minuman yang sudah terkontaminasi adanya Cairan Sianida yang mampu menghilangkan nyawa manusia sebanyak 900 korban jiwa. Dan sebelum meninggal juga Jones sudah bersalah dengan melakukan pembunuhan berencana terhadap anggota Kongres Leo Ryan, 3 Jurnalis dan terakhir Pembelot. 

Sekte Bernama Branch Davidians 

Dari namanya saja sudah terlihat sekte ini didirikan oleh David koresh, yakni seorang pemimpin sekte Kristen. Dimana untuk sekte ini sendiri penuh akan kekerasan dan juga Kontroversial di Waco Texas. Yang mana ajaran dari Kontroversialnya adalah salah satu Doktrin mengenai Cahaya Baru yang mampu menyatakan bahwa semua wanita ini menjadi istri Spiritualnya. Bahkan untuk gadis yang ada di bawah umur sekalipun itu menjadi wanita yang sudah menikah. Dirinya juga menyatakan sebagai seorang mesias dan berkhotbah langsung bahwa Kiamat sudah dekat. Disini koresh sendiri juga memiliki banyak banget senjata api. 

David Koresh, Leader of Deadly Branch Davidians Cult

Dirinya sendiri dituduh langsung sebagai pelaku pelecehan seksual terhadap anak dibawah umur. Anggota dari sekte sendiri mengabaikan pelecehan Seksual. Dimana mereka semua menganggap langsung sebagai Panggilan dari Tuhan. Berdasarkan dari dakwaan Senjata, lalu Biro Alkohol, Tembakau serta senjata Api ( ATF ) Federal menggerebek Mt. Carmel pada bulan Februari tahun 1993. Setelah terjadinya baku tembak selama 51 hari, ATF berhasil untuk masuk dan sayangnya kebakaran juga terjadi dan juga menewaskan lebih dari 80 anggota termasuk dengan 20 anak-anak serta koresh. 

Sekte Bernama Israelite Samaritans 

Sekte ini mengikuti adanya 5 kitab Musa seperti : Yahudi. Namun untuk kebudayaan mereka juga jauh lebih dekat dengan orang Arab. jadinya mereka ini bisa bekerja langsung di Kantor Palestine, sekolah dengan Kurikulum Palestina dan berbicara langsung dengan dialek lokal berbahasa Arab. mereka semua menggunakan Paspor Israel, namun memiliki KTP asli Palestina. Disini mereka semua hidup di tengah batas-batas antara Israel, Palestina, dan juga Yordania. 

Israelite Samaritans: Ancient Tradition Thriving in the 21st Century
Israelite Samaritans 

Orang Samaria berada langsung di posisi unik meski ini sudah menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi mereka. Dan disini mereka semua tidak mengambil posisi politik manapun dan tidak akan memihak serta sangat diplomatis. Nah salah satu ritual keagamaan mereka sebagai perayaan Paskah Samaria yang berada langsung dengan perayaan Paskah yahudi. Perayaannya sama seperti Idul Adha lho, ada segala persembahan dengan memotong hewan Kambing gitu deh guys hingga, perayaan ini bisa berupa sebuah nyanyian dan juga tarian yang berlanjut sampai larut malam. 

Sekte Bernama Hashashin 

Untuk sekte ini sendiri berasal langsung dari cabang Sekte nizari Ismaili – Syiah Islam. Ada banyak sekali versi asal mula nama Hashashin. Ada yang menyebut juga Hashashin adalah sebuah modifikasi dari Hassassin yang berhubungan dengan Hasn Al – Sabah. Bisa saja berasal dari Modifikasi kata Assasun atau yang berasal dari kata Assas yang bermakna pada “ Penjaga yang melindungi Kastil di malam hari. 

Sekte ini sendiri bermula pada sebuah kematian Imam Jafar Al-Sadiq Pada 765 M yang menimbulkan adanya perpecahan di antara Syiah. Sejarawan menyebutkan langsung adanya Invasi Mongol; pada abad ke 13 yang langsung menandai berakhirnya Hashashin di Persia. Walau begitu, kisah-kisah misterius di dalamnya bisa menimbulkan kisah-kisah seperti Legenda Assasin. Selama dalam kurun waktu berabad-abad Hashashin masih ada hingga sekarang. Pemimpinnya sendiri menjadi Imam ke 49 yakni Shah Karim Husseini atau Agha Khan IV. Sekte Nya sendiri dikenal sebagai Nizaris dan saat ini sekte tersebut kurang lebihnya sudah menjalankan 140 Organisasi Nirlaba di 30 Negara dan juga mampu menjalankan berbagai bisnisnya. 

Sekte Shincheonji 

Jadi sekte ini dipercaya menjadi sebuah sekte kepercayaan kristen yang paling besar dan juga sudah terkenal di korea Selatan. Sekte tersebut penuh dengan banyaknya rahasia. Lee Man he yang mendirikan sekte tersebut pada tahun 1984. Lee sendiri menganggap adanya tugas yang merupakan mengakhiri perang serta menciptakan perdamaian dunia sehingga bisa menciptakan Sekte tersebut. Sayangnya, disini dirinya menolak untuk menjelaskan adanya visi dan misi dari keberadaan sekte tersebut. 

Dituding Sekte Sesat Penyebar Virus Corona di Korsel, Begini Klarifikasi  Shincheonji Halaman all - Kompas.com
Dituding menjadi sekte penyebar Virus Corona di Korea Selatan yang beritanya telah tayang di Kompas.com

Di negara Korea Selatan sendiri sekte Shincheonji dikenal sebagai sekte yang misterius. Dan disini tidak ada informasi detail terkait akan aktivitas dari sekte tersebut. Para pengikutnya sendiri wajib untuk mengikuti Studi Kitab Suci dan juga Ibadah massal yang dijalankan seminggu 2 kali. 

Nah pertemuan dari sekte ini sendiri dirahasiakan juga, dan yang pastinya mereka menjelaskan sudah ketakutan akan sebuah persekusi jika mereka memberitahu tempat mereka menjalankan kegiatan tersebut. Pengikut sekte ini benar-benar menghindari kontak dengan keluarga, teman atau kerabat lainnya dan jauh lebih banyak berinteraksi dengan sesama anggotanya saja. Mereka sendiri percaya bahwa lee ini adalah mesias kedua yang ada di dunia dan sudah ada kurang lebihnya 200 ribu orang yang mengikuti sekte tersebut yang berada di Korea Selatan.